Garam Berkualitas Internasional di Sampang Madura

Dinas perindustrian dan perdagangan, disperindag kabupaten sampang impikan bisa membuat garam industri kualitas australia, guna mengurangi garam impor dari luar negeri. Di madura selama ini dikenal hanya ada dua jenis garam yang jadi unggulan di kabupaten sampang. Sejak tahun 2006 hingga sekarang, sampang tercatat satu-satunya di wilayah indonesia yang memiliki garam setara kualitas garam australia.
Garam konsumsi dan garam industri adalah dua jenis garam yang jadi garam unggulan di kabupaten sampang. Garam konsumsi merupakan garam yang biasa dimakan, sedangkan garam industri merupakan garam impor dari luar negeri.
Namun pada tahun  2006, disperindag sampang telah mendatangkan langsung pengusaha garam asal australia guna mempelajari garam industri, yang banyak digunakan pada minuman pabrik seperti  hemaviton, pocari swet, kaca kertas dan sejenisnya.
Dalam dua tahun terakhir, dinas perindustrian dan perdagangan sudah mencoba dan berhasil menghasilkan garam berkwalitas australia. Adapun ciri garam tersebut, hasilnya lebih tebal dibanding garam yang ada di madura, zat kimia atau n-a-c-l lebih rendah 80 persen dibanding garam madura.
Besar harapan masyarakat madura bisa membuat garam berkwalitas internasional. Dengan begitu ketergantungan kepada produk import otomatis akan berkurang.
Sumber : Madurachannel

Artikel Terkait :



0 komentar:

Posting Komentar