Madura Promosikan Seni Budaya Sumenep Ke China

Pulau madura mulai melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan kekayaan seni budaya yang dimiliki Kabupaten Sumenep ke luar negeri. Hal itu ditunjukkan, dengan adanya kerjasama antara Dinas Pariwisata Sumenep dengan stasiun televisi Cina CCTV guna mempromosikan segala jenis seni budaya dan pariwisata di kabupaten paling timur Pulau Garam ini.

Kepala Dinas Pariwisata Sumenep, Mohammad Nasir mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan stasiun televisi Cina CCTV bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumenep pada 2010 ini.

"Ada banyak hal yang akan dilakukan. Salah satunya, pemutaran film dokumenter berbahasa Mandarin," katanya, Jum'at (26/3/2010).

Selain itu, sambung Nazir, Sumenep akan mempromosikan beberapa kesenian seperti sapi sonok, tari topeng, karapan sapi, wisata pantai lombang dan juga kesenian tabuh tong-tong. "Yang menarik, kita tidak lupa untuk memperkenalkan wisata religi serta sejarah yang ada di Sumenep. Seperti, keraton dan Makan Para Raja Sumenep yang saat ini masih ada," tandasnya.

Diakuinya, pihaknya memilih negara China untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata Sumenep, karen di negeri tirai bambu tersebut memiliki kekuatan ekonomi yang sangat dahsyat. Apalagi, China memang dikenal sebagai tempat singgah para wisatawan.

"Nah, sangat strategis dan bagus jika kami mampu mempromosikan kekayaan seni budaya dan pariwisata Sumenep di sana. Biar, wisatawan asing mau berkunjung juga ke Sumenep," pungkasnya
Sumber : beritajatim.com

Artikel Terkait :



0 komentar:

Posting Komentar