"Indonesia Raya" Hanyutkan Emosi Keturunan Madura di Sri Lanka

Kolombo- Warga Sri Lanka keturunan Indonesia yang umumnya dari Madura,selasa mengungkapkan keterpesonaanya pada lagu kebangsaan "Indonesia Raya" saat diperdengarkan pada upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-65 RI di Kedutaan Besar RI di Kolombo.
"Kesan lagu itu menimbulkan semangat", kata Tony Saldin,Presiden Asosiasi Persahabatan Sri Lanka-Indonesia kepada ANTARA,Selasa,usai upacara bendera yang dipimpin Duta Besar RI untuk Sri Lanka,Djafar Husain.
Tony mengaku keturunan dari generasi ke enam satu keluarga madura yang tinggal di negara itu.
Tony juga mengungkapkan mengenal banyak tentang Indonesia,karena dibandingkan keturunan Indonesia lainnya di Sri Lanka, dia relatif sering ke Indonesia.
"Tapi saya tidak pergi ke Madura hanya ke Cirebon dan Jakarta," kata pria beranak dua yang tidak bisa berbahasa Melayu atau Bahasa Indonesia ini.
Ekspresi sama diutarakan Brigadir Jendral (purn) Selly, yang mengaku sebagai generasi ke sepuluh keturunan Madura di Sri Lanka namun masih fasih berbahasa Indonesia.
Selly menjelaskan. bapaknya yang bernama Baba Yunus Saldi, adalah seorang pejuang hak-hak sipil dan kemerdekaan Sri Lanka.
Dia juga mengaku selalu merindukan Indonesia, kendati hampir tidak pernah pergi ke Indonesia.
"Ya saya masih rindu pada Indonesia, Madura," aku pria yang kini berprofesi akuntan ini dalam Bahasa Indonesia yang relatif fasih untuk ukuran orang Sri Lanka.
Sementara itu Dr. Rahaman, yang juga generasi kesepuluh keturunan Madura di Sri Lanka, menyatakan tidak akan pernah melupakan akar keturunannya.
Dokter Spesialis THT ini menikahi Dokter Gigi yang juga keturunan Melayu dan dikarunai dua putera yang juga berprofesi sebagai dokter namun berpraktik di Inggris.
Dari Tony Saldin, Selly dan Rahaman, serta orang keturunan Indonesia lainnya di Madura, nenek moyang mereka datang ke Sri Lanka karena dibuang oleh pemerintah kolonial Belanda akibat aktivitasnya menentang kekuasaan Belanda.
"Jadi kami ini keturunan patriot," kata Selly disusul derai tawa.
Sumber : Antara-sumbar.com

Artikel Terkait :



2 komentar:

My Mind on it mengatakan...

I Love Indonesia & I Love Madura

Onxs mengatakan...

Thanks Bro mari qta Promosikan Indonesia & Madura..

Posting Komentar